Usman, Sang Nelayan Teripang

Teripang merupakan salah satu komoditas ekspor dari hasil laut yang perlu segera dikembangkan cara pengolahannya. Hal ini diperlukan mengingat nilai ekonomisnya yang cukup tinggi di pasaran luar negeri. Beberapa spesies teripang yang mempunyai nilai ekonomis panting diantaranya: teripang putih, Holothuria scabra, teripang koro, Microthele nobelis, teripang pandan, Theenota ananas, teripang dongnga, Stichopu ssp. dan beberapa jenis teripang lainnya.

Ekspor teripang Indonesia umumnya dalam bentuk olahan kering, negara tujuan ekspor teripang adalah Hongkong, Singapura, Taiwan dan Jepang. Teripang kering umumnya diolah secara tradisional oleh nelayan pengolah tradisional dengan cara dan peralatan yang masih secerhana, sehingga produk yang dihasilkan masih perlu diperbaiki.

Ikan Sarden: Ikan Ekonomis Incaran Ibu Rumah Tangga

Indonesia terus mendorong perikanan skala kecil untuk menerapkan prinsip penangkapan ikan berkelanjutan dan bertanggung jawab. Dorongan itu, terutama dikampanyekan untuk nelayan skala kecil yang terlibat dalam praktik penangkapan dan tata kelola perdagangan Ikan Sarden. Saat ini, penangkapan dan praktik penangkapan Sarden nasional didominasi oleh kapal skala kecil dengan alat penangkapan ikan (API) sederhana seperti pancing (handline).

Ikan Tuna, Si Primadona Lautan

Tidak semua ikan yang ada di perairan Indonesia bisa dinikmati langsung oleh masyarakat Indonesia. Fakta tersebut dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di kawasan perkotaan dan jauh dari wilayah perairan laut. Ikan yang bernilai tinggi dan menjadi primadona ekspor, pasti akan sangat susah didapatkan oleh warga.

Berkenalan Lebih Jauh dengan Ikan Cakalang

Ikan cakalang biasa ditemui di Indonesia, baik di pasar tradisional maupun supermarket. Ikan ini memang merupakan salah satu jenis yang paling sering dikonsumsi masyarakat, umumnya di daerah timur Indonesia.   Cakalang memiliki nama ilmiah Katsuwonus pelamis dan merupakan satu-satunya spesies dari genus Katsuwonus. Nama genus ikan ini diambil dari bahasa Jepang ikan cakalang, yakni katsue. Ikan ini sendiri memiliki berbagai nama lain seperti cakalan, cakang, kausa, kambojo, karamojo,dan turingan. Di Inggris, ikan ini disebut sebagai skipjack tuna.

Fishery and SDG

Ledgernow present helping fisherman in worked in inner cities and practical but keep the city clean. Are in the form of this application is reasonable enough, ledgernow capable of being to reach out to all of the existence of a there are approximately fishermen who. Ledgernow this application is reasonable enough who uses blockchain able to build a new all the data become integrated charge safely and easily.

Ledgernow application help fishermen to keep marine ecosystem to not damaged and maintain clean seas that uncontaminated. Ledgernow help links between fishermen and the collector fish.

News and Events

Ariobimo Sentral Level 8
Jalan H. R. Rasuna Said Kav X-2 No. 5,
Kuningan Timur, Setiabudi,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Indonesia, 12950

 

Stay connected with us. Subscribe to our newsletter and get special offer just for you.

[contact-form-7 404 "Not Found"]